halaman

Rabu, 24 Oktober 2018

OBJEK GRAFIK 2 DIMENSI



Objek grafik 2 dimensi adalah sekumpulan titik-titik 2 dimensi yang dihubungkan dengan garis lurus, baik berupa polyline, polygon atau kurva. Objek grafik 2 dimensi didefinisikan sebagai kumpulan titik 2dimensi yang secara komputasi dinyatakan sebagai array 1D, atau linkedlist sesuai dengan struktur data yang digunakan dalam menyatakan kumpulan titik 2D ini.  Objek grafik dimensi juga adalah gambar 2 dimensi yang  sumbu x dan sumbu y, atau sumbu koordinat cartesius dua dimensi. Dua sumbu yang saling bertegak lurus antar satu dengan yang lain, yang keduanya terletak dalam satu bidang (bidang xy).
Sedangkan Grafik komputer 2D adalah sebuah generasi gambar digital berbasis komputer, yang kebanyakan mengambil objek-objek dua dimensi (2D). Model Grafik 2D merupakan kombinasi dari model geometri (juga disebut sebagai grafik vektor), gambar digital (raster graphics), fungsi matematika, dan sebagainya. Komponen-komponen ini dapat dimodifikasi dan dimanipulasi oleh transformasi geometri dua dimensi, seperti translasi, rotasi, dan dilatasi. 
Model-model yang digunakan pada disain grafis 2D biasanya tidak mendukung bentuk-bentuk tiga-dimensi, atau fenomena yang bersifat tiga dimensi, seperti pencahayaan, bayangan, pantulan, refraksi, dan sebagainya. Namun demikian, mereka dapat membuat model berlapis-lapis (layer); nyata, translusen, dan transparan, yang dapat ditumpuk dalam urutan tertentu. Urutan tersebut biasanya didefinisikan dengan angka (kedalaman lapisan, atau jarak dari si penglihat).
Macam-Macam objek 2D :
  • Line
  • Circle
  • Arc
  • Polygon
  • Text
  • Section
  • Rectangle
  • Ellips
  • Donut
  • Star 
  • Helix

1. Struktur Titik dan  Vektor
·         Struktur Titik
typedefstruct {
                float x,y;
} point2D_t;

·         Struktur Vektor
typedefstruct {
                float v[3];
} vector2D_t;

2. Perubahan Struktur Data
·         Point2Vector

Fungsi ini digunakan untuk memindahkan tipe data titik menjadi tipe data vektor. Hal ini sangat berguna untuk operasional matrik yang digunakan dalam melakukan transformasi dan pengolahan matrik pada grafika komputer.
vector2D_t point2vectorpoint2D_tpnt)
{              vector2D_t vec;
                        vec.v[1]=pnt.x;
                        vec.v[2]=pnt.y;
                        vec.v[3]=1.;
}
·         Vector2Point
Fungsi ini digunakan untuk memindahkan tipe data vektor menjadi tipe data titik. Hal ini sangat berguna untuk  penyajian grafis setelah proses pengolahan matrik yang dikenakan pada obyek 2D.
point2D_t vector2point(vector2D_t vec)
{              point2D_t pnt;
                        pnt.x=vec.v[1];
                        pnt.y=vec.v[2];
}
3   3. Translasi adalah perpindahan obyek dari titikP ketitik P’ secara linier.
4   4. Scaling m adalah perpindahan obyek dari titikP ke titik P’, dimana jarak titik P’ adalah m kali titik P.
5   5. Rotasi adalah perpindahan obyek dari titik P ketitik P’, yang berupa pemindahan berputar sebesar sudut θ.
6   6.  Perkalian Matrik
Perkalian matrik ini digunakan untuk operasional transformasi dari obyek 2D dan untuk komposisi (menggabungkan) tranformasi. Perkalian matrika dan matrik b menghasilkan matrik c yang dirumuskan dengan dimanai danj bernilai0 s/d 2.

7   7.  Komposisi Transformasi
·         Komposisi transformasi adalahmenggabungkan beberapa tranformasi, sehingga dapat menghasilkan bentuk transformasi yang lebih kompleks
·         Komposisi tranformasi dapat dilakukandengan mengalikan matrik-matrik transformasi


1 komentar:

  1. merit casino review 2020【VIP】penny mtg
    The best casino games online, 1xbet the best casino free spins, the หารายได้เสริม best casino bonus codes 메리트 카지노 주소 and the latest casino offers and promotions.

    BalasHapus