Objek grafik 2 dimensi adalah sekumpulan titik-titik 2
dimensi yang dihubungkan dengan garis lurus, baik berupa polyline, polygon atau
kurva. Objek grafik 2 dimensi didefinisikan sebagai kumpulan titik 2dimensi
yang secara komputasi dinyatakan sebagai array 1D, atau linkedlist sesuai
dengan struktur data yang digunakan dalam menyatakan kumpulan titik 2D
ini. Objek grafik dimensi juga adalah gambar 2 dimensi yang sumbu x
dan sumbu y, atau sumbu koordinat cartesius dua dimensi. Dua sumbu yang saling
bertegak lurus antar satu dengan yang lain, yang keduanya terletak dalam satu
bidang (bidang xy).
Sedangkan Grafik komputer 2D adalah
sebuah generasi gambar digital berbasis komputer, yang kebanyakan mengambil
objek-objek dua dimensi (2D). Model Grafik 2D merupakan kombinasi dari model
geometri (juga disebut sebagai grafik vektor), gambar digital (raster
graphics), fungsi matematika, dan sebagainya. Komponen-komponen ini dapat
dimodifikasi dan dimanipulasi oleh transformasi geometri dua dimensi, seperti
translasi, rotasi, dan dilatasi.
Model-model yang digunakan pada
disain grafis 2D biasanya tidak mendukung bentuk-bentuk tiga-dimensi, atau
fenomena yang bersifat tiga dimensi, seperti pencahayaan, bayangan, pantulan,
refraksi, dan sebagainya. Namun demikian, mereka dapat membuat model
berlapis-lapis (layer); nyata, translusen, dan transparan, yang dapat ditumpuk
dalam urutan tertentu. Urutan tersebut biasanya didefinisikan dengan angka
(kedalaman lapisan, atau jarak dari si penglihat).
Macam-Macam
objek 2D :
- Line
- Circle
- Arc
- Polygon
- Text
- Section
- Rectangle
- Ellips
- Donut
- Star
- Helix
1. Struktur Titik dan Vektor
·
Struktur Titik
typedefstruct {
float x,y;
} point2D_t;
·
Struktur Vektor
typedefstruct {
float v[3];
} vector2D_t;
·
Point2Vector
Fungsi ini digunakan
untuk memindahkan tipe data titik menjadi tipe data vektor. Hal ini sangat berguna
untuk operasional matrik yang digunakan dalam melakukan transformasi dan pengolahan
matrik pada grafika komputer.
vector2D_t
point2vectorpoint2D_tpnt)
{ vector2D_t vec;
vec.v[1]=pnt.x;
vec.v[2]=pnt.y;
vec.v[3]=1.;
}
·
Vector2Point
Fungsi ini digunakan
untuk memindahkan tipe data vektor menjadi tipe data titik. Hal ini sangat berguna
untuk penyajian grafis setelah proses pengolahan
matrik yang dikenakan pada obyek 2D.
point2D_t
vector2point(vector2D_t vec)
{ point2D_t pnt;
pnt.x=vec.v[1];
pnt.y=vec.v[2];
}
3 3. Translasi adalah perpindahan obyek dari titikP
ketitik P’ secara linier.
4 4. Scaling m adalah perpindahan obyek dari titikP
ke titik P’, dimana jarak titik P’ adalah m kali titik P.
5 5. Rotasi adalah perpindahan obyek dari titik P
ketitik P’, yang berupa pemindahan berputar sebesar sudut θ.
6 6.
Perkalian Matrik
Perkalian matrik
ini digunakan untuk operasional transformasi dari obyek 2D dan untuk komposisi (menggabungkan)
tranformasi. Perkalian matrika dan matrik b menghasilkan matrik c yang
dirumuskan dengan dimanai danj bernilai0 s/d 2.
7 7.
Komposisi Transformasi
·
Komposisi transformasi adalahmenggabungkan
beberapa tranformasi, sehingga dapat menghasilkan bentuk transformasi yang
lebih kompleks
·
Komposisi tranformasi dapat dilakukandengan
mengalikan matrik-matrik transformasi
merit casino review 2020【VIP】penny mtg
BalasHapusThe best casino games online, 1xbet the best casino free spins, the หารายได้เสริม best casino bonus codes 메리트 카지노 주소 and the latest casino offers and promotions.